Situs Tsunami Kapal Apung PLTD


PLTD Apung adalah kapal yang didatangkan dari Kalimantan untuk mengisi pasokan sumber tenaga listrik bagi sebagian wilayah di kota Banda Aceh yang tempatkan di pelabuhan Ulee Lheu.  Namun terjangan tsunami 26 Desember 2004 membuat kapal yang berbobot 3600 ton  ikut terseret ke daratan sejauh 4-5 km tepatnya di kawasan padat penduduk, desa Punge Blang Cut, kecamatan Jaya Baru.  

Sangatlah mustahil kapal seberat itu bisa bergerak melewati rumah penduduk namun kenyataan seperti itulah yang terjadi. Untuk menariknya kembali ke posisi semula adalah hal yang tidak mungkin dilakukan apalagi di sekitar lokasi sudah banyak dibangun kembali rumah penduduk. Meski masih ada keberatan penduduk karena tapak rumah mereka tertindih oleh kapal tersebut, 


Namun kapal ini menjadi lokasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara. Terletak di perkampungan penduduk dan untuk mencapai lokasi bisa dengan menggunakan labi-labi jurusan Uleee Lheue turun di simpang Punge Blang Cut atau agar lebih mudah menaiki Becak motor dengan tarif Rp.25. 000 dari terminal Keudah.

Article Sources: http://acehpedia.org

 
Copyright © 2014 Share In Love - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info